CARA KERJA MESIN PHOTOCOPY





Berikut ini adalah prinsip dasar cara kerja mesin fotokopi:

Lampu ekspose menghasilkan cahaya terang yang berfungsi untuk menyinari dokumen yang diletakkan pada permukaan kaca dengan posisi yang terbalik menuju bagian bawah kaca. Gambar pada dokumen akan dipantulkan lewat lensa dengan sensor CCD. Setelah itu, lensa akan langsung mengarahkan gambar tadi ke bagian tabung drum (silinder fotosensitif) yang merupakan silinder yang terbuat dari bahan alumunium yang juga dilapisi dengan selenium pilihan yang begitu sensitif terhadap cahaya.

Gambar yang terlihat lebih terang di permukaan silinder fotosensitif akan menjadikan elektron-elektron muncul lalu menetralkan ion-ion positif. Setelah itu, ion-ion positif tersebut dihasilkan olehcorona wire (kawat pijar) yang terletak di atas kawat 1 (drum), sehingga di permukaan yang lebih terang tidak akan ditemukan elektron yang memiliki muatan. Sedangkan, perubahan muatan tidak akan terjadi pada cahaya yang cenderung lebih gelap.
Toner yang bermuatan negatif yang terletak di developer akan ditarik oleh ion-ion positif yang berada pada permukaan drum.

Tegangan tinggi yang berada pada DC yang dikirim pada kawat pijar akan mengakibatkan silinder fotosensitif bermuatan positif, kemudian kawat pijar menjadi berjumlah dua buah. Yang pertama terdapat di bagian atas drum (kawat 1), sedangkan yang kedua terdapat di bagian bawah drum (kawat 2).

Pada saat kertas belum mencapai silinder fotosensitif, kertas diubah menjadi bermuatan positif oleh kawat 2. Sehingga, kertas yang tertempel toner pada permukaannya, tertarik dengan kuat pada kertas.

Selanjutnya kertas akan dilewatkan melalui dua buah rol panas yang saling bertekanan. Panas dari kedua rol tersebut akan melelehkan toner yang kemudian akan menempel erat pada kertas. Peristiwa ini akan menghasilkan salinan gambar yang sama persis dengan aslinya.

Setelah itu, drum akan terus berputar hingga melewati cleaning blade. Pada akhirnya, drum akan kembali memiliki muatan positif sehingga siap untuk kembali di sinari berulang-ulang.
SUMBER:


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Ilmu Pengetahuan dan Teknologi | Powered by Blogger