Sekilas Info Tinta InkJet dan Tinta Toner LaserJet Printer

Sekilas Info Tinta InkJet dan Tinta Toner LaserJet Printer

Sebelumnya kita bahas dahulu tentang pengertian tinta toner, printer laserjet dan printer inkjet. Saat ini terdapat beberapa merk printer terkenal yang beredar dipasaran seperti printer Epson, printer HP(Hewlett Packard), printer Canon, Samsung, fuji xerox dan brother printer. Dari berbagai merk serta type printer yang ada saat ini, secara garis besar dapat kita kelompokan menjadi 3 jenis printer saja, yakni printer inkjet, printer laserjet dan yang terakhir printer dot matrik.

Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing printer tersebut dan sedikit pengertian dari printer jenis inkjet, laserjet dan dotmatrik.

1. Printer jenis Inkjet

Printer inkjet ini menggunakan tinta yang berbentuk cairan. kualitas hasil
cetakannya rata-rata cukup bagus untuk mencetak, tergantung merek dan tipe printer tersebut. Printer inkjet ini merupakan jenis printer yang paling banyak digunakan, hal ini kemungkinan besar disebabkan harga printer inkjet yang relative lebih terjangkau dan murah. Jenis Printer All In One adalah jenis inkjet yang paling populer saat ini, selain kita dapat mencetak dokumen, gambar, foto, kita juga dapat menggunakannya untuk scanning gambar/dokumen serta mengcopy dokumen seperti fotocopy.


Dan satu lagi keunggulan printer jenis inkjet ini adalah printer ini dapat dipasang sistem infus, printer infus biasanya banyak digunakan oleh pemilik warnet atau rental komputer. Dikarenakan lebih ekonomis dari segi pemakaian tintanya sehingga biaya cetak dapat menjadi lebih murah. Apalagi saat ini perusahaan besar Epson telah mengeluarkan printer Epson L100 dan printer Epson L200 yang merupakan tinta infus dengan tinta original pertama di Indonesia.

Printer inkjet ini biasanya menggunakan tinta dengan jenis tinta dye. Tinta ini merupakan jenis tinta berbahan baku air dengan kelebihan tinta dye adalah hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca . Dan Jenis tinta inkjet lainnya adalah tinta pigmen. Tinta ini berbahan baku minyak, dengan keunggulannya tidak cepat luntur dan tidak cepat memudar apabila terkena matahari seta waktu pengeringan tinta pigmen pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tinta pigmen tidak sebagus tinta dye. Untuk mengenal lebih detail tentang tinta dye dan tinta pigmen serta perbedaannya, teman2 dapat melihat page berikut Perbedaan tinta dye dan sublime

2. Printer Jenis LaserJet




Jenis printer laser ini adalah printer yang berbahan baku tintanya berupa serbuk atau biasa disebut toner. Cara kerja printer laserjet mirip dengan mesin fotokopi. Keunggulan printer laser ini adalah dalam hal kecepatan mencetak dokumen atau foto yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis printer lainnya. selain itu kelebihan lainnya dari printer laserjet ini adalah kualitas hasil cetakannya sangat bagus serta tintanya lebih cepat kering dibandingkan dengan printer inkjet. silahkan lihat link berikut untuk mengetahui tentang bagaimana tips merawat printer laser, dan info printer laserjet lainnya Kelebihan dan kekurangan printer Laser dan Printer HP laserjet terbaru untuk usaha percetakan

3. Printer Jenis Dot Matrik

Printer jenis DotMatrix ini adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah dari printer jenis inkjet dan laserjet, cara kerja printer dotmatrik adalah print head dotmatrik terdiri dari jarum-jarum yang tersusun, terdapat sekitar 9-24 pin atau jarum, jarum-jarum ini akan memukul pita atau nbiasa disebut printer ribbon, sehingga akan membentuk sebuah karakter pada kertas. printer dotmatrik ini mengeluarkan suara yang cukup keras, ini dikarenakan oleh pergerakkan mekanik dan head printernya. Selain itu meskipun harga printer ribbon atau tinta ini cukup murah, tetapi harga printer jenis ini cukup mahal bila dibandingkan dengan printer jenis inkjet. Biasanya printer dotmatrik banyak kita temui di mesin kasir penjualan. Untuk mengenal lebih jauh tentang pengertian printer dotmatrik teman2 dapat melihat page berikut Pengertian printer dot matrix dan info Harga printer Epson dotmatrix terbaru

Nah.. lalu bagaimana mengatasi masalah tinta printer yang mahal atau tinta toner yang mahal. Biaya tinta inkjet dan tinta toner terlalu mahal. Solusinya adalah Berdasarkan pengujian dan pengalaman2 orang, bahwa mereka tidak merekomendasikan cartridge tinta isi ulang ulang yang disuntik karena hasilnya akan sama saja. Salah satu solusi hemat biaya yang perlu kita lakukan adalah dengan membeli cartridge berkapasitas tinggi atau dengan sistem tinta toner berkapasitas tinggi. Artinya jika kita mencetak banyak, cobalah cartridge tinta dengan hasil halaman lebih dari 250, atau tabung toner dengan hasil 2.000halaman plus. Oke semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman2 semua.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Ilmu Pengetahuan dan Teknologi | Powered by Blogger